Apa Penyebab Jam Tangan Berembun?

Salah satu permasalahan yang sering melanda pada jam tangan adalah jam tangan berembun. Jadi masalah embun ini tidak hanya terjadi pada kacamata, tapi juga jam tangan. Jam tangan mengalami berembun seperti ini, tentu saja ada penyebabnya.

Penyebab Jam Tangan Berembun

Penyebab utamanya tentu saja karena jam tangan tersebut terkena air baik disengaja maupun tidak. Terkena air ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal salah satunya ketika jam tangan digunakan untuk berwudhu pada umat muslim, namun jam tangan tersebut tidak waterproof. Bisa juga karena ketika sedang di luar rumah dan terjadi hujan atau terkena rintik hujan.

Pemicu munculnya embun tersebut adalah karena ada air yang terperangkap di dalam  jam dan berada dengan suhu panas di lingkungan sekitar. Jadi mau tidak mau, Anda harus mengeluarkan air tersebut agar bisa menguap.

Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan embun pada jam tangan.

1. Gunakan Lilin

Agar jam tangan  tidak berembun, maka Anda bisa mencoba menggunakan lilin.  Lilin bisa dimanfaatkan untuk membuat embun menguap dengan cara meletakkan bagian bawah jam di atas lilin agar embunnya menghilang.

Lakukan cara ini 1 menit saja, agar jam tangan tidak gosong.

2. Dengan Rice Cooker

Anda juga bisa memanfaatkan rice cooker, karena produk elektronik ini dapat menghasilkan panas. Letakkan jam tangan di atas rice cooker, uap panas yang dihasilkan dapat mengeluarkan air di jam tangan.

Cara meletakkan jam tangan, harus menghadap ke atas dan saat rice cooker berada pada mode warm.

3. Simpan Dalam Beras

Beras juga dapat menyerap air dengan baik, maka bisa dicoba untuk menyimpan yang berembun di dalam beras. Caranya dengan mengubur jam tangan di dalam beras, selama 30 menit. Kemudian bisa cek apakah embunnya hilang atau tidak.

Itu tadi beberapa penyebab jam tangan berembun dan cara mengatasinya. Apalagi untuk jam tangan mewah yang berembun, tentu sebagai pemiliknya Anda bisa panik karena jam tangan tersebut harganya mahal. Untuk Anda yang membutuhkan referensi toko jam tangan mewah dan branded, bisa mengunjungi Luxe Houze. Platform ini menjual berbagai jam tangan dari merk ternama di dunia dengan kualitas original.