10 Jenis Kain Brokat Yang Cantik Dan Elegan Untuk Busana Kebaya

Kampanye Gerakan Selasa Berkebaya. ©Liputan6.com/Immanuel Antonius Merdeka.com РKebaya merupakan salah satu jenis pakaian tradisional yang sering dipakai wanita untuk berbagai acara. Mulai dari acara pernikahan, acara adat atau kebudayaan, peringatan hari kemerdekaan Indonesia, hingga upacara wisuda bagi pelajar atau mahasiswa yang sudah menamatkan pendidikannya. Jenis pakaian ini biasanya dikenakan dengan bawahan sarung, batik hingga kain tenun yang semakin mempercantik penampilan.

Kebaya sendiri biasanya dibuat dengan kain brokat, atau kain berbahan tipis yang mempunyai motif dan tekstur yang beragam. Tidak jarang kain brokat ini dilengkapi dengan payet atau manik-manik yang semakin memberikan kesan cantik pada busana yang dibuat. Bahan kain brokat yang tipis, biasanya akan digunakan kain tambahan untuk melapisi bagian dalam kebaya supaya tidak transparan.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak ditemui kain brokat dengan beragam corak dan tekstur yang menjadi keunggulannya masing-masing. Harganya pun beragam mulai dari kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu per meternya.

Semakin unik corak dan tekstur kain brokat, harganya pun akan semakin mahal. Beberapa jenis kain brokat menjadi pilihan favorit untuk dibuat menjadi gaun kebaya pengantin atau busana resmi yang lain.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi jenis kain brokat untuk acara pernikahan, wisuda atau yang lainnya, berikut merdeka.com telah merangkum dari berbagai sumber jenis kain brokat yang cantik dan elegan yang bisa menjadi pilihan busana kebaya Anda.

Jenis Kain Brokat Perancis
Brokat Perancis merupakan salah satu jenis kain brokat yang mungkin bisa menjadi pilihan favoritmu. Bukan tanpa alasan, jenis kain brokat yang satu ini memiliki bahan yang lembut, tidak panas, serta motif yang lebih rapat dibandingkan jenis kain brokat lainnya.

Motif atau corak yang sudah rapat membuat jenis kain brokat ini tidak perlu lagi dilapisi dengan kain tambahan.

Selain itu, jenis kain brokat perancis yang lembut ini tidak memberikan efek gatal jika dikenakan. Jenis kain brokat yang satu ini bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda yang ingin membuat busana kebaya untuk pengantin. Namun Anda harus menyiapkan dana yang cukup besar, karena kain brokat yang satu ini mempunyai harga cukup fantastis.

Jenis Kain Brokat Semi Perancis Merdeka.com/baliya.id

Bagi Anda yang tertarik dengan jenis kain brokat Perancis tetapi tidak mau menggelontorkan dana lebih, ada rekomendasi lain yang bisa Anda pilih yaitu, kain Brokat Semi Perancis. Jenis kain yang satu ini sedikit berbeda dengan Brokat Perancis.

Perbedaannya terletak pada bahan kain yang lebih kaku dibandingkan Brokat Perancis. Namun justru dengan bahan yang sedikit kaku ini, justru menjadikan jenis kain ini lebih mudah dijahit dan lebih kuat.

Tidak jarang perancang busana lebih memilih Brokat Semi Perancis karena alasan ini. Harganya pun lebih murah dibandingkan Brokat Perancis. Sehingga Anda bisa menjadikan rekomendasi ini sebagai kain brokat untuk busana kebaya Anda.

Jenis Kain Brokat Prada Merdeka.com/shopee

Jenis kain brokat lain yang tidak kalah menarik adalah Brokat Prada. Jenis kain brokat yang satu ini mempunyai motif yang timbul dan tekstur yang halus sebagai ciri khas dan keunggulannya.

Dengan ciri khas tersebut, tidak jarang jenis kain ini menjadi pilihan favorit para perancang busana kebaya. Sebab jenis kain yang satu ini mempunyai potongan yang halus dan cocok untuk segala model kebaya.

Jenis kain Brokat Prada sudah banyak ditemui di toko kain di Kota Anda. Harga yang ditawarkan pun beragam, tergantung kehalusan bahan dan jenis motifnya. Bagi anda yang ingin membuat busana kebaya yang elegan, kain brokat yang satu ini bisa menjadi pilihan.

Jenis Kain Brokat Jepang
Brokat Jepang juga mempunyai keunggulan tersendiri sebagai salah satu jenis kain brokat untuk busana kebaya. Brokat Jepang mempunyai ciri khas motif bunga yang besar dan tersebar pada seluruh kain.

Jenis brokat yang satu ini juga mempunyai bahan yang lembut, walaupun tidak selembut jenis kain Brokat Perancis. Ukuran kainnya pun biasanya tidak begitu lebar.

Tetapi harga jenis kain brokat ini lebih murah dibandingkan Brokat Perancis. Motifnya yang sederhana dan bahannya yang cukup halus sangat cocok untuk busana kebaya wisuda Anda.

Jenis Kain Brokat Itali
Bagi Anda yang suka motif payet atau bordir, jenis kain brokat yang satu ini bisa menjadi pilihan. Brokat Italy, merupakan jenis kain brokat yang sudah terdapat payet dan bordir di dalamnya. Payet atau bordir yang terdapat pada jenis kain brokat ini pun beragam.

Biasanya semakin rumit dan unik bentuk payet dan bordirnya, harganya akan semakin mahal. Tetapi jenis kain brokat yang satu ini sudah tidak perlu lagi tambahan payet maupun bordir, sehingga cukup praktis dan menghemat waktu dalam pembuatan satu mannequin kebaya.

Jenis Kain Brokat Corneli
Kain brokat Coneli juga tidak kalah menarik dengan jenis kain brokat lainnya. Jenis kain brokat yang satu ini mempunyai motif bordir yang sangat rapat dan bahannya yang terasa halus.

Walaupun memang, motif bordir yang rapat ini cukup membuat kain ini terasa berat ketika dikenakan. Tetapi kondisi ini tidak menjadi masalah, jika Anda sudah jatuh cinta dengan motif bordirnya yang elegan.

Jenis kain ini juga memiliki bahan yang lentur sehingga akan pas dikenakan pada badan.

Jenis Kain Brokat Tille
Bagi Anda yang mencari rekomdasi kain brokat yang ringan dikenakan, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada jenis kain brokat Tille. Pasalnya jenis kain brokat yang satu ini memiliki tekstur bahan yang tipis sehingga sangat ringan jika dikenakan.

Walaupun tipis, tetapi kain brokat ini cukup kuat dan tahan lama untuk dibuat menjadi busana kebaya. Harga yang ditawarkan pun tidak begitu mahal, sehingga cocok bagi Anda yang ingin membuat busana kebaya seragam untuk satu keluarga.

Jenis Kain Brokat Tille 3D Merdeka.com/tokopedia

Tidak jauh berbeda, brokat Tille 3D memiliki bahan dasar yang sama dengan brokat Tille biasa. Jenis kain brokat Tille 3D juga mempunyai keunggulan bahannya yang halus dan ringan ketika dipakai.

Bedanya, jenis kain brokat yang satu ini terdapat penambahan bentuk bunga yang disesuaikan dengan motif kain dasarnya. Tidak jarang, diberikan pula tambahan payet pada motif yang terdapat pada kain.

Dengan keunggulan ini, busana kebaya Anda akan terlihat lebih cantik dan elegan ketika dikenakan.

Jenis Kain Brokat Biasa
Brokat biasa merupakan satu diantara jenis kain brokat yang paling banyak ditemui di pasaran. Jenis kain brokat yang satu ini juga mempunyai harga yang cukup murah setiap meternya.

Walaupun memang, motif dan warna yang ditawarkan tidak terlalu beragam. Namun jenis kain brokat ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk busana seragam acara pernikahan atau yang lainnya, karena harganya yang murah.

Bagi Anda yang membutuhkan kain brokat untuk seragam keluarga, jenis kain brokat ini bisa menjadi pilihan.

Jenis Kain Brokat Suppert
Jenis kain brokat Suppert mempunyai satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh kain brokat yang lain, yaitu bahannya yang lentur atau melar. Jenis kain brokat yang satu ini bisa menjadi pilihan Anda, jika ingin membuat busana kebaya yang bisa menyesuaikan tubuh dan nyaman dikenakan.

Jenis kain ini juga mempunyai motif timbul yang tidak kalah menarik dengan motif brokat lainnya. Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi kain brokat untuk acara formal, jenis kain yang satu ini mungkin bisa Anda pilih. [ayi]

Baca juga:
Muslimah Fashion Festival 2020 di Senayan
Majalah Mangle, Ikon Anak Muda Sunda dari Zaman
Ini 7 Cara Mudah Dan Murah Merawat Sepatu Kesayangan Anda Di Rumah
Road To Indonesia Fashion Week 2020
Jean Paul Gaultier Adakan Peragaan Busana Terakhir sebelum Pensiun

Baca Selanjutnya: Jenis Kain Brokat Perancis…